Wedding Tips: 9 Steps to Perfect Wedding Flowers

2014-09-14 14:02

Memilih bunga untuk pernikahan Anda adalah salah satu bagian yang penting dalam perencanaan pernikahan. Tetapi sebelum Anda membuat keputusan, ada beberapa poin yang Anda dapat lihat untuk menentukan bunga apa yang cocok dihari pernikahan Anda.

1. Find the Right Wedding Florist
Sebelum Anda memutuskan memilih vendor florist atau toko bunga yang akan didatangi, tidak ada salahnya jika Anda mencari jenis bunga seperti apa yang akan Anda pilih, untuk hand bouquet atau akesoris tambahan untuk menghias pesta pernikahan Anda dengan mencari di majalah-majalah wedding, internet bahkan refrensi dari keluarga atau sahabat yang sudah menikah sehingga Anda dapat dengan mudah menjelaskan seperti apa bunga yang Anda inginkan kepada vendor florist atau toko bunga yang Anda pilih sehingga nantinya tidak ada kesalahpahaman.

2. Consider Your Wedding Flower Budget
Menentukan budget pernikahan sangatlah penting, budget dalam memilih bunga pun harus masuk ke dalam anggaran pernikahan Anda. Dengan adanya budget yang pasti Anda bisa memilih dan menentukkan bunga mana yang sesuai dengan anggaran Anda. Jika memang budget yang anda tentukan ternyata tidak sesuai Anda bisa membahas dengan pasangan. 

3. Establish a Vision
Memiliki gambaran umum tentang selera Anda. Apakah Anda seorang yang minimalis atau menyukai kehebohan? Jika Anda salah satunya coblah untuk mencari jenis bunga yang cocok dengan selera Anda, untuk si minimalis Anda bisa mencoba jenis bunga lily yang terlihat manis dan tidak ramai saat Anda memegangnya untuk berjalan menyusuri lorong gereja, dan untuk Anda yang menyukai kehebohan Anda bisa memilih jenis bunga mawar merah yang sesuai dengan Anda. 

4. Consider Your Reception Site Specifics
Anda dan pasangan harus mengetahui secara spesifik ruangan yang akan Anda pakai dihari pernikahan nanti, jika ruangan dengan space besar Anda bisa memakai beberapa jenis bunga yang berbeda untuk di pajang sebagai pemanis ruangan, jika ruangan Anda tidak terlalu besar jangan mencoba untuk memakai rangkaian bunga yang besar, ruangan resepsi Anda akan menjadi sempit dan membuat para tamu Anda tidak nyaman. 

5. Create a Wedding Color Concept
Masing-Masing dari Anda dan pasangan pasti memiliki warna kesukaan, tidak ada salahnya jika warna kesukaan Anda dan pasangan digabungkan dan dijadikan konsep dalam pernikahan Anda, dengan adanya konsep warna tersebut. Anda dapat memilih bunga apa yang cocok untuk hari pernikahan.

6. Consider Your Wedding Dress
Poin utama dalam merencanakan pernikahan adalah Anda sudah tahu gaun apa yang akan Anda kenakan, tidak hanya itu Anda pun harus mengetahui warna gaun apa yang akan Anda pakai. Dengan begitu Anda bisa mengetahui bunga apa yang cocok untuk gunakan di hari pernikahan Anda sehingga menghasilkan style yang cantik dan menawan saat gaun dan bunga Anda dipersatukan. 

7. Map Out Your Wedding Style
Gaya Anda berbeda dengan karakter Anda? Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda memiliki bridesmaids yang menemani Anda, cobalah untuk menyeragamkan gaya yang Anda punya dengan bridesmaids Anda, seperti membuat perbedaan warna yang membuat warna bunga Anda saat di satukan dengan bridesmaids menjadi serasi sehingga Anda dan bridesmaids  membuat penampilan Anda menjadi semakin sempurna.

8. Size Up Your Crowd
Jika Anda memilih konsep table dinner, Anda bisa mencoba mencari bunga yang cocok untuk dijadikan pemanis di atas meja makan para tamu. Jangan mencari bunga yang terlihat memakan banyak space meja makan tamu Anda atau jangan memasang bunga berbau menyengat karena tidak semua tamu bisa menerima jenis bunga yang mengeluarkan bau yang terlalu menyengat. 

9. Get Everything in Writing
Semua pekerjaan yang akan Anda lakukan untuk sampai sejauh ini tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak memiliki semua itu secara tertulis. Jadi, pastikan bahwa Anda dan  florist membuat draft kontrak yang jelas, khususnya menyatakan bunga yang Anda akan pakai, berapa banyak karangan bunga yang Anda perlukan, harga, dan waktu supaya bunga Anda sampai tepat waktu di hari pernikahan Anda. Jangan ragu untuk memasukkan hal-hal yang Anda tidak inginkan supaya Anda tidak memilih kembali barang yang tidak ingin Anda beli.

Teks: Meyliana Tanoto

Main Image: Doc. Weddingku (LocationRitz-Carlton Jakarta, Mega KuninganPhotographer: Robbie Suharlim from Antheia PhotoDecorationElssy DesignStylist: Anyssa Putrinda)